Pengenalan
Hello Sobat Pintar! Bagi seorang guru, membuat jurnal harian merupakan suatu kebutuhan dan kewajiban. Jurnal harian merupakan catatan kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh seorang guru selama mengajar di kelas. Dengan membuat jurnal harian, seorang guru bisa mengevaluasi diri serta meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Artikel ini akan membahas contoh jurnal harian guru SD K13.
Minggu 1, Hari Pertama
Pada hari pertama, saya memulai pembukaan kelas dengan memberikan salam kepada siswa dan memperkenalkan diri. Saya juga menjelaskan tentang tujuan pembelajaran hari ini dan memberikan motivasi agar siswa lebih semangat dalam belajar. Selain itu, saya juga melakukan pemeriksaan buku tugas siswa dan memberikan pengajaran tentang bagaimana cara menjaga kebersihan di kelas.
Minggu 1, Hari Kedua
Hari kedua, saya memulai pembelajaran dengan memberikan penjelasan tentang materi pelajaran. Saya juga memberikan contoh soal agar siswa bisa lebih memahami tentang materi yang sedang dipelajari. Selain itu, saya juga memberikan kesempatan bagi siswa yang belum mengerti untuk bertanya.
Minggu 1, Hari Ketiga
Pada hari ketiga, saya memulai pembelajaran dengan memberikan tugas individu kepada siswa. Tugas ini bertujuan agar siswa bisa lebih memahami tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya. Saya juga memberikan waktu bagi siswa untuk bertanya bila ada hal yang belum dipahami.
Minggu 1, Hari Keempat
Hari keempat, saya memberikan tugas kelompok kepada siswa. Tugas kelompok ini bertujuan agar siswa bisa lebih berkolaborasi dan saling membantu dalam belajar. Selain itu, saya juga memberikan penjelasan tentang pentingnya kerjasama dalam kelompok.
Minggu 1, Hari Kelima
Pada hari terakhir minggu pertama, saya melakukan evaluasi terhadap seluruh kegiatan yang telah dilakukan selama satu minggu ini. Saya mencatat kekurangan dan kelebihan dalam pembelajaran serta mencari solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut.
Minggu 2, Hari Pertama
Pada minggu kedua, saya memulai pembelajaran dengan memberikan ulangan harian. Ulangan ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana siswa telah memahami materi pelajaran yang telah dipelajari selama satu minggu ini.
Minggu 2, Hari Kedua
Hari kedua, saya memberikan tugas proyek kepada siswa. Tugas proyek ini bertujuan agar siswa bisa terlibat aktif dalam belajar dan meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran.
Minggu 2, Hari Ketiga
Pada hari ketiga, saya melakukan kegiatan diskusi kelompok. Diskusi ini bertujuan agar siswa bisa saling berbagi informasi dan memperluas wawasan dalam pembelajaran.
Minggu 2, Hari Keempat
Hari keempat, saya memberikan tugas individu kepada siswa. Tugas ini bertujuan agar siswa bisa lebih fokus dalam belajar dan meningkatkan kemampuan mandiri dalam belajar.
Minggu 2, Hari Kelima
Pada hari terakhir minggu kedua, saya melakukan evaluasi terhadap seluruh kegiatan yang telah dilakukan selama satu minggu ini. Saya mencatat kekurangan dan kelebihan dalam pembelajaran serta mencari solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut.
Minggu 3, Hari Pertama
Pada minggu ketiga, saya memulai pembelajaran dengan memberikan tugas kelompok lagi kepada siswa. Tugas ini bertujuan agar siswa bisa terlibat aktif dalam belajar dan meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran.
Minggu 3, Hari Kedua
Hari kedua, saya memberikan penjelasan tentang cara membuat laporan hasil proyek yang telah dikerjakan oleh siswa.
Minggu 3, Hari Ketiga
Pada hari ketiga, saya melakukan kegiatan presentasi hasil proyek yang dilakukan oleh siswa. Kegiatan ini bertujuan agar siswa bisa mempraktikkan keterampilan presentasi dan mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam mengerjakan proyek.
Minggu 3, Hari Keempat
Hari keempat, saya memberikan penjelasan tentang pentingnya literasi bagi siswa. Saya juga memberikan contoh-contoh kegiatan literasi yang bisa dilakukan oleh siswa di rumah.
Minggu 3, Hari Kelima
Pada hari terakhir minggu ketiga, saya melakukan evaluasi terhadap seluruh kegiatan yang telah dilakukan selama satu minggu ini. Saya mencatat kekurangan dan kelebihan dalam pembelajaran serta mencari solusi untuk mengatasi kekurangan tersebut.
Kesimpulan
Dari contoh jurnal harian guru SD K13 di atas, dapat disimpulkan bahwa pembuatan jurnal harian sangat penting bagi seorang guru. Dengan membuat jurnal harian, seorang guru bisa mengevaluasi diri serta meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Dalam pembuatan jurnal harian, seorang guru harus memperhatikan hal-hal seperti pembukaan kelas, materi pembelajaran, tugas individu dan kelompok, evaluasi, dan kegiatan lainnya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan pembelajaran di kelas bisa lebih efektif dan efisien.Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!