JURNAL TAKSONOMI BLOOM

Hello, Sobat Pintar! Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Dalam proses belajar mengajar, tentunya kita membutuhkan suatu sistem penilaian yang baik agar dapat mengevaluasi sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Taksonomi Bloom merupakan salah satu teori yang dapat membantu dalam proses penilaian tersebut. Melalui jurnal taksonomi bloom, kita dapat mengetahui lebih jauh mengenai teori ini dan bagaimana penerapannya dalam dunia pendidikan.

Apa itu Taksonomi Bloom?

Taksonomi Bloom adalah salah satu teori pembelajaran yang dikembangkan oleh Benjamin Bloom pada tahun 1956. Teori ini berisi tentang beberapa level kognitif yang terdiri dari: pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension), aplikasi (application), analisis (analysis), sintesis (synthesis), dan evaluasi (evaluation). Taksonomi Bloom ini berfungsi untuk membantu guru dalam menentukan tingkat kesulitan suatu materi dan juga membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis.

Manfaat Jurnal Taksonomi Bloom

Jurnal taksonomi bloom sendiri merupakan suatu laporan penelitian yang membahas tentang penerapan taksonomi bloom dalam proses belajar mengajar. Adapun manfaat dari jurnal taksonomi bloom antara lain:

  • Menambah pengetahuan tentang taksonomi bloom
  • Memperluas pemahaman tentang proses belajar mengajar
  • Memberikan contoh-contoh penerapan taksonomi bloom dalam proses belajar mengajar
  • Menjadi acuan bagi guru dalam menentukan tingkat kesulitan suatu materi
  • Menjadi acuan bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis

Penerapan Taksonomi Bloom dalam Proses Belajar Mengajar

Taksonomi Bloom memiliki enam level kognitif yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Adapun penerapannya dalam proses belajar mengajar antara lain:

  1. Pengetahuan (Knowledge): Siswa dapat mengingat informasi yang diberikan oleh guru.
  2. Pemahaman (Comprehension): Siswa dapat memahami informasi yang diberikan oleh guru.
  3. Aplikasi (Application): Siswa dapat mempraktikkan informasi yang telah dipelajari dalam situasi yang berbeda-beda.
  4. Analisis (Analysis): Siswa dapat menguraikan informasi yang telah dipelajari menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
  5. Sintesis (Synthesis): Siswa dapat menggabungkan informasi yang telah dipelajari menjadi suatu kesatuan yang baru.
  6. Evaluasi (Evaluation): Siswa dapat mengevaluasi informasi yang telah dipelajari dan membuat kesimpulan yang logis.

Contoh Penerapan Taksonomi Bloom dalam Proses Belajar Mengajar

Berikut ini adalah contoh penerapan taksonomi bloom dalam proses belajar mengajar:

  • Pengetahuan (Knowledge): Siswa diminta untuk menghafal nama-nama provinsi di Indonesia.
  • Pemahaman (Comprehension): Siswa diminta untuk menjelaskan arti dari istilah “global warming”.
  • Aplikasi (Application): Siswa diminta untuk menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.
  • Analisis (Analysis): Siswa diminta untuk menganalisis unsur-unsur intrinsik dalam sebuah cerpen.
  • Sintesis (Synthesis): Siswa diminta untuk membuat sebuah karya seni yang terinspirasi dari suatu karya sastra.
  • Evaluasi (Evaluation): Siswa diminta untuk mengevaluasi suatu gagasan atau ide secara kritis.

Kesimpulan

Dari jurnal taksonomi bloom, kita dapat mengetahui betapa pentingnya penerapan taksonomi bloom dalam proses belajar mengajar. Dengan memahami teori ini, guru dapat menentukan tingkat kesulitan suatu materi dan siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Taksonomi Bloom memang tidak bisa menjamin keberhasilan dalam proses belajar mengajar, namun dengan penerapan yang tepat, kita dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Related video of Jurnal Taksonomi Bloom: Meningkatkan Kualitas Pendidikan

Leave a Comment